Sabtu, 28 November 2015

kultum birul walidain

Assalamualaikum wr.wb
Yang saya hormati bapak kepala sekolah sma n 13 kerinci,
Yang saya hormati ibu,bapak guru beserta staf tata usaha dan seterusnya adik-adik,kakak-kakak,dan tema- teman seperjuang yang saya banggakan.
Pertama tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kedahirat allah swt yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga kita dapat berkumpul di sma n 13 kerinci kita ini
Solawat beriring salam Tak luput kita limpahkan buat junjungan nabi besar kita yakni muhammad saw yang telah membawa kita dari alam kegelapan menuju alam yang terang benderang seperti yang kita rasakan pada saat ini.
Baiklah saya tidak akan memperpanjangkan mukodimah saya
Adapun judul kultum saya pada pagi hari ini adalah BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA.
Kita sebagai seorang muslim diwajibkan untuk berbakti kepada kedua orang tua kita.Setiap manusia sudah pasti memiliki orang tua.Tidak satupun manusia yang lahir tanpa orang tua.Kitapun menyadari bahwa orangtua berkuah keringat untuk,siang dan malam banting tulang ,memeras pikiran,sekuat tenaga memperjuangkan agar anaknya bisa hidup seperti layaknya anak-anak yang lain.
Karena itu saat ini ijinkan saya untuk menyampaikan betapa pentingnya berbakti kepada orangtua.
Rekan rekan dan para hadirin yang berbahagia.
Allah yang maha bijaksana telah mewajibkan setiap anak untuk berbaktikepada orangtuanya.Bahkan perintah untuk berbuat baik kepada orangtua dalam alquran digandengkan dengan perintah untuk bertauhid
 sebagaimana firman-nya.
Dan tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik baiknya.Jika salah seorang diantara keduanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu,maka sekali-kali jagan lah kamu mengatakan kepada keduanya perkatan ah dan janganlah kamu membentak mereka. dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah:
wahai tuhanku,kasihanilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.(Al isro’:23).
Kemudian
Alangkah lebih baik jika kita  memahami arti penting dan kedudukan berbakti kepada kedua orangtua.berbakti kepada kedua orang tua merupakan salah satu amal sholeh yang mulia bahkan disebutkn berkali kali dalam alquran tentang keutamaan berbakti kepada kedua orang tua. Allah taala berfirman

Sembahlah allah dan jangan lah kamu mempersekutukan-nya dengan sesuatu apapun.dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu dan bapak.(an nisa:36)
Dan masih banyak hadist hadist yang lainnya.
Di dalam ayat tadi diperintahkan untuk berbakti kepada kedua orang tua kita disandingkan dengan amal yang paling utama yaitu tauhid,maka ini menunjukan bahwa amal ini pun sangat utama di sisi allah ‘azza wa jalla. Begitu besarnya martabat mereka dipandang dari kacamata syari’at nabi mengutamakan bakti mereka atas jihad fisabilillah,ibnu mas’ud berkata aku pernah berkata kepada rasulullah amalan apakah yang paling dicinttai oleh allah? Beliau menjawab mendirikan solat pada waktunya
Aku bertanya kembali.kemudian apa? Jawab beliau
Berbakti kepada orang tua,lanjut beliau
Aku brtanya lagi,kemudian ? jihad di jalan allah. (HR. Al bukhori no 5970).Demikian agungnya kedudukan berbakti pada orangtua,bahkan di atas jihad fi sabilillah, padahal jihad memiliki keutamaan yang sagat besar pula.

Rekan rekan sekalian
Jagan lah sekali klai kita berbuat durhaka kepada orang tua. Ingatlah begitu dahsyatnya Ancaman bagi siapapun yang durkaha kepada orang tua.
Membuat menangis orang tua juga terhitung sebagai perbuatan durhaka.tangisan mereka berarti terkoyaknya  hati, oleh polah tingkah sang anak. Ibnu umar menegaskan tangisan kedua orangtua termasuk  kedurhakaan yang besar. (HR. Bukhori).

sekarang kita ketahui bersama  apa arti penting  dan keutamaan berbakti pada orangtua.kita ingat kembali,betapa sering kita membuat marah dan menangisnya orangtua? Betapa seringnya kita tidak mlelaksanakan perintahnya? Memang tidak ada ketaatan kepada makhluk dalam bermaksiat kepada allah, akan tetapi bagaimana sikap kita dalam menolak itupun harus dengan cara  yang baik,tidak serampangan.saudaraku bersegeralah kita meminta maaf kepada keduanya setiap makhluk mempunyai kesalahan dan kekhilafan.karna kesempurnaan semata mata hanya milik allah. Ridho allah tergantung pada ridho kedua orang tua .Beruntunglah bagi kalian yang selalu berada di sisi orang tua. Kalian mempunyai banyak peluang untuk bersama.
saudaraku, demikian yang dapat saya sampaikan. Mudah mudahan dengan 3 lembar kertas ini yang saya sampaikan dapat meresap dan dikenang oleh kita semua.mohon maaf jika yang saya sampaikan terlalu lama, jika ada perkataan yang tidak berkenan maafkan lah.
Akhir kata saya tutup kultum saya ini dengan mengucapkan Allahmdulillah
Assalamualaikum warohmatullahhi wabarokatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar